ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI
PEMASARAN PERUSAHAAN PERCETAKAN DAN PENERBITAN PT RAMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL
I. Latar Belakang Masalah
Periklanan mendapat sorotan tajam semenjak aspek informasi menjadi bagian pentingdalam bisnis, kegiatan periklanan yang efektif dipandang mampu mempengaruhi
kecendrungan mengkonsumsi dalam masyarakat. Periklanan yang efektif akan mengubah
pengetahuan publik mengenai ketersediaan dan karakteristik beberapa produk, elastisitas
permintaan produk akan sangat dipengaruhi aktivitas periklanan. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa anggaran iklan berpengaruh positif terhadap penjualan dan market share, sebaliknya peningkatan anggaran iklan pesaing berpengaruh negatif terhadap tingkat penjualan dan market share pesaingnya Darmadi Durianto,(2003). Dampak iklan ternyata bervariasi tergantung efektivitasnya, dengan demikian anggaran iklan yang lebih besar tidak selalu mampu mengubah penjualan dan market share dalam tataran yang lebih besar pula.
II. Rumusan Masalah
Apakah iklan yang digunakan oleh perusahaan percetakan dan penerbitan PT Rambangsudah cukup efektif dipandang dari tingkat empathy (empati), persuasion (persuasi), impact(dampak) serta communication (komunikasi) di masyarakat ?
III. Tujuan Penulisan
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas iklan yang sudah digunakan oleh PT Rambang sebagai salah satu strategi pemasaran yang sudah dilakukan.
IV. Landasan Teori
Pengertian iklan secara komprehensif adalah “semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara nonpersonal yang dibayar oleh sponsor tertentu. Caples, Jhon, (1997) menyatakan bahwa periklanan adalah segala bentuk penyajian non personal, promosi dan ide, barang ataupun jasa oleh sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Sedangkan menurut Darmadi Durianto (2003) periklanan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.
Iklan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh PT.Rambang dalam rangka memasarkan produk-produknya. Adapun defenisi dari Iklan menurut Batra, Rajeev, Jhon.G Myers, and David A. Aaker. (1996) adalah “Penyampaian informasi dari penjual kepada pembeli untuk mempengaruhi sikap dan tingkah laku”.
Efektivitas iklan dapat diukur dengan menggunakan Epic model, Darmadi Durianto (2003). Epic model yang dikembangkan oleh AC Nielsen, salah satu perusahaan peneliti pemasaran terkemuka di dunia, Epic Model dan mencakup empat dimensi kritis yaitu empati, persuasi, dampak dan komunikasi (Empathy, Persuasion, Impact and communications – EPIC).
V. Metode Penelitian
Populasi, Sampel, Besar Sampel dan Tehnik Sampling
Klasifikasi pelanggan yang datang ke PT Rambang dikelompokkan berdasarkan cirri dan karakteristik tertentu seperti pelajar/ mahasiswa, ibu rumah tangga, wiraswasta, Instansi swasta dan BUMN serta pelanggan instansi pemerintahan. Hal itu disebabkan karena tiap- tiap kelompok tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda baik dari tuntutan pelayanan maupun tuntutan administrasi lainnya.
Variabel Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklan yang selama ini telah dilakukan PT. Percetakan dan Penerbit Rambang. Indikator variabel yang akan diukur adalah empati, persuasi, dampak dan komunikasi. tindakan yang digunakan dalam analisis dimana efektifitas iklan diukur dengan tercapainya sasaran yang telah ditentukan sebelumnya oleh PT Rambang dan indicator-indikator yang dipakai dalam penelitian ini adalah : empati, persuasi, dampak dan komunikasi (Empathy, Persuation, Impact dan Comunication – EPIC) dengan parameter riset EPIC :
_ Empathy ( Empati )
_ Persuation ( Persuasi )
_ Impact ( Dampak )
_ Comunication ( Komunikasi )
Metode Pengumpulan Data
a. Pengamatan Langsung
Adalah metode pengumpulan data melalui pengamatan, pencatatan dan analisa secara langsung terhadap gejala-gejalan (fenomena) yang terjadi secara sistematis pada objek penelitian.
b. Wawancara
Adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang memiliki relevansi dengan penelitian ini, seperti Pelanggan maupun karyawan PT Rambang
Teknik Analisis Data
1. Uji Validitas
2. Uji Reliabilitas
3. Uji Normalitas
4. Analisis Tabulasi Silang
5. Skor Rata – rata
6. Analisis Regresi Linear
VI. ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Responden adalah pelanggan PT Rambang yang sudah pernah melihat iklan PT Rambang yang berdomisili di kota Palembang dan sekitarnya Riset menggunakan pendekatan survei. Data diambil sejak pertengahan bulan Desember 2004 sampai dengan bulan februari 2005 dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah convenient sampling. 300 responden diambil berdasarkan ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Penelitian mengenai aktivitas iklan PT Rambang dengan EPIC model dilakukan untuk mengukur efektifitas iklan tersebut terhadap dampak komunikasi.
Uji Validitas
No Dimensi Pertanyaan r HITUNG r TABEL KETERANGAN
1 Empati E1 0.9245 0.0951 Valid
e2 0.8783 0.0951 Valid
2 Persuasi P1 0.859 0.0951 Valid
P2 0.9212 0.0951 Valid
3 Impact I1 0.9554 0.0951 Valid
I2 0.9525 0.0951 Valid
4 Komunikasi K1 0.9379 0.0951 Valid
K2 0.9096 0.0951 Valid
K3 0.93 0.0951 Valid
Berdasarkan hasil uji validitas tersebut di atas dari 9 variabel, semuanya menunjukkan angka positif dan lebih besar dari r tabel. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa alat ukur yang digunakan sangat valid dan dapat digunakan sebagai indikator dalam penelitian ini.
Uji Reliabilitas
Dari hasil pengolahan data, diketahui bahwa nilai alpha adalah sebesar 0.9798. Hal ini artinya data yang dipergunakan telah layak untuk digunakan pada pembahasan dan analisa berikutnya.
Uji Normalitas
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai asymp sig pada uji normalitas ini terhadap 9 variabel tersebut semuanya bernilai < 0.05. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ternyata semua variabel tersebut terdistribusi secara normal. (Output Terlampir).
Analisis Uji EPIC
1. Empati
Hasil analisis penelitian pengukuran efektivitas iklan PT Rambang di media cetak berdasarkan EPIC model 3,558 diketahui dimensi empathy iklan PT Rambang masuk dalam rentang skala efektif. Hal ini menginformasikan bahwa konsumen cukup menyukai iklan PT Rambang, sehingga iklan tersebut cukup dapat memberikan informasi yang berharga tentang daya tarik produk dan jasa PT Rambang bagi konsumen.
2. Persuasi
Dimensi persuasion iklan PT Rambang masuk dalam tentang skala cukup efektif, 2.935 yang menunjukkan bahwa iklan PT Rambang di media cetak cukup dapat memberikan peningkatan atau penguatan karakter produk dan jasa PT Rambang. Iklan tersebut cukup mempunyai dampak terhadap keinginan konsumen untuk menggunakan jasa PT Rambang.
3. Impact.
Dimensi impact iklan PT Rambang masuk dalam rentang skala efektif 3.570. Hal ini berarti bahwa produk dan jasa PT Rambang cukup menonjol dibandingkan perusahaan lainnya. Dan, iklan tersebut cukup melibatkan konsumen untuk mengetahui produk dan jasa PT Rambang
4. Komunikasi
Dimensi Communication iklan PT Rambang masuk dalam rentang skala efektif, 3.870 yang menginformasikan bahwa konsumen dapat mengingat pesan utama yang disampaikan. Pesan tersebut meninggalkan kesan yang kuat dan pemahaman konsumen akan produk dan jasa PT Rambang.
Secara keseluruhan EPIC rate, rata-rata adalah 3,48, artinya iklan PT Rambang efektif saja tetapi kinerjanya belum maksimal.
Analisis Regresi Linier
1. Korelasi
Berdasarkan hasil analisa korelasi (pada tingkat signifikansi 0,05 atau tingkat kepercayaan 95%), diperoleh hasil pengujian yang menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara Belanja Iklan (X) dengan Volume Penjualan (Y) memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000, karena nilai signifikansi tersebut berada dibawah 0.05, ini berarti memang terdapat hubungan (korelasi) antara Belanja Iklan dengan Volume Penjualan tersebut. Nilai korelasi antara Belanja Iklan dengan Volume Penjualan ini adalah sebesar 0.956, ini berarti hubungan (korelasi) yang terjadi sangat kuat antara Belanja Iklan dengan Volume Penjualan.
2. Determinasi
Hasil perhitungan membuktikan terdapat pengaruh antara variabel bebas Belanja Iklan dengan variabel terikatnya yaitu Volume Penjualan. Adapun persentase pengaruh dari kontribusi efektif yang diberikan adalah sebesar 91,3 persen sedangkan selisihnya yaitu sebesar 8,7 persen kemungkinan di pengaruhi oleh faktor atau variabel lainnya yang tidak diteliti.
3. Simple Regresion Linier
Persamaan Simple Regression Linier tersebut mempunyai konstanta (Intercept) sebesar 2243.797 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (t hitung = 9.300), hal ini berarti tanpa adanya pengaruh variabel Belanja Iklan , maka Volume Penjualan perusahaan tetap ada, tapi cukup rendah. Dari hasil analisa ini semakin memperkuat pernyataan bahwa Belanja Iklan yang telah dikeluarkan perusahaan mempengaruhi Volume Penjualan perusahaan secara significant, seperti pada bahasan sebelumnya,
VII. Kesimpulan dan Saran
Efektifitas iklan dari keempat faktor EPIC tersebut dinyatakan efektif karena berdasarkan analisaa dan pembahasan pada bab sebelumnya didapatkan hasil perhitungan dari masing-masing variabel berturut-turut adalah 3,558, 2,395, 3,570, dan 3,870. Ternyata Faktor Communication menjadi faktor yang paling dominan diantara faktor lainnya. Perusahaan dapat lebih menekankan pada peningkatan dan mempertahankan faktor dominan ini dalam
upaya mempertahankan efektifitas iklan.
Analisis regresi yang dilakukan terhadap variabel Biaya promosi sebagai variabel independen/bebas dan Volume Penjualan sebagai variabel dependen/terikat juga menunjukkan efektifitas kegiatan promosi yang dilakukan secara signifikan.
Untuk lebih dapat meningkatkan efektifitas iklan, sebaiknya PT Rambang tersebut menyusun perancangan program periklanan yang efektif dalam upaya meningkatkan volume penjualan.
Minggu, 11 Oktober 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar